Bagaimana Anda terlihat menonjol ketika mempromosikan merek Anda melalui media sosial? Apa cara terbaik untuk mendapatkan perhatian? Jawabannya sederhana. Menggunakan gambar! Tidak heran Pinterest telah sukses besar.
Terlepas dari apakah Anda memiliki perusahaan kecil atau besar, pemasaran dengan menggunakan media ini sungguh efektif dan terbukti sangat bermanfaat.
Berikut adalah 5 tips yang bisa Anda ikuti, jika Anda berencana untuk menggunakan strategi semacam ini:
Sama seperti setiap jenis strategi pemasaran online lainnya, Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang apa tujuan bisnis Anda.
Karena Anda akan menggabungkan pemanfaatan foto dalam strategi pemasaran media sosial Anda, itu adalah suatu keharusan bagi Anda untuk mengidentifikasi apa yang ingin Anda capai saat menggunakan foto tertentu.
Ini terdengar sangat sepele, tapi tanpa memahami tujuannya, siapapun tidak akan bisa membuat gambar untuk keperluan promosi dengan baik. Inilah yang menyababkan sebuah foto tidak memiliki nilai viral.
Mengidentifikasi audiens Anda juga sangat penting. Anda harus tahu siapa yang kemungkinan besar akan membeli produk Anda, yang akan mengikuti Anda di sosial media, dan yang menurut Anda akan suka bahkan mau memberbagikan foto Anda.
Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih atau membuat foto yang paling relevan dengan audiens Anda.
Menggunakan foto untuk menceritakan sebuah cerita tentang bisnis Anda, merek, produk atau jasa memang perlu kreatifitas yang tinggi. Seperti pepatah, “sebuah gambar bernilai seribu kata”, dan Anda bisa menggunakannya untuk keuntungan Anda.
Menggunakan foto untuk menyampaikan sebuah cerita adalah hal yang menarik dan membuat orang ingin tahu lebih banyak tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Seperti konten berupa text, foto juga perlu dioptimalkan. Pastikan bahwa Anda mengaitkan foto Anda dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Menggunakan nama file berupa angka untuk foto Anda, tidak akan berguna jika Anda ingin agar foto Anda dapat ditemukan melalui mesin pencari.
Terlepas dari kemungkinan audiens Anda di sosial media untuk berbagi posting Anda, Anda harus membuat foto Anda layak untuk dibagikan.
Bayangkan jangkauan yang lebih luas yang akan Anda dapatkan, jika Anda bisa membuat orang merasa senang untuk membagikan foto Anda. Atau bahkan mendapat keuntungan dengan membagikan foto Anda.
Setelah Anda melakukan semua ini, Anda tidak boleh lupa untuk mengukur hasil dan efisiensi foto Anda. Seperti yang Anda lihat, teks bukan satu-satunya hal yang dapat Anda gunakan sebagai alat pemasaran.
Foto juga bisa sangat efisien dalam membantu Anda meningkatkan merek Anda dan memiliki visibilitas tinggi asalkan Anda tahu bagaimana menggunakannya.
Jika anda serius untuk menggunakan sosial media, maka menggunakan foto adalah teknik yang sangat menguntungkan untuk mempromosikan bisnis Anda.
Semoga bermanfaat!
Terlepas dari apakah Anda memiliki perusahaan kecil atau besar, pemasaran dengan menggunakan media ini sungguh efektif dan terbukti sangat bermanfaat.
Berikut adalah 5 tips yang bisa Anda ikuti, jika Anda berencana untuk menggunakan strategi semacam ini:
- Mengidentifikasi Tujuan Anda
Sama seperti setiap jenis strategi pemasaran online lainnya, Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang apa tujuan bisnis Anda.
Karena Anda akan menggabungkan pemanfaatan foto dalam strategi pemasaran media sosial Anda, itu adalah suatu keharusan bagi Anda untuk mengidentifikasi apa yang ingin Anda capai saat menggunakan foto tertentu.
Ini terdengar sangat sepele, tapi tanpa memahami tujuannya, siapapun tidak akan bisa membuat gambar untuk keperluan promosi dengan baik. Inilah yang menyababkan sebuah foto tidak memiliki nilai viral.
- Tahu Target Audiens Anda
Mengidentifikasi audiens Anda juga sangat penting. Anda harus tahu siapa yang kemungkinan besar akan membeli produk Anda, yang akan mengikuti Anda di sosial media, dan yang menurut Anda akan suka bahkan mau memberbagikan foto Anda.
Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih atau membuat foto yang paling relevan dengan audiens Anda.
- Mampu Bercerita
Menggunakan foto untuk menceritakan sebuah cerita tentang bisnis Anda, merek, produk atau jasa memang perlu kreatifitas yang tinggi. Seperti pepatah, “sebuah gambar bernilai seribu kata”, dan Anda bisa menggunakannya untuk keuntungan Anda.
Menggunakan foto untuk menyampaikan sebuah cerita adalah hal yang menarik dan membuat orang ingin tahu lebih banyak tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.
- Optimasi Gambar
Seperti konten berupa text, foto juga perlu dioptimalkan. Pastikan bahwa Anda mengaitkan foto Anda dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Menggunakan nama file berupa angka untuk foto Anda, tidak akan berguna jika Anda ingin agar foto Anda dapat ditemukan melalui mesin pencari.
- Memungkinkan Orang untuk Berbagi Foto
Terlepas dari kemungkinan audiens Anda di sosial media untuk berbagi posting Anda, Anda harus membuat foto Anda layak untuk dibagikan.
Bayangkan jangkauan yang lebih luas yang akan Anda dapatkan, jika Anda bisa membuat orang merasa senang untuk membagikan foto Anda. Atau bahkan mendapat keuntungan dengan membagikan foto Anda.
Setelah Anda melakukan semua ini, Anda tidak boleh lupa untuk mengukur hasil dan efisiensi foto Anda. Seperti yang Anda lihat, teks bukan satu-satunya hal yang dapat Anda gunakan sebagai alat pemasaran.
Foto juga bisa sangat efisien dalam membantu Anda meningkatkan merek Anda dan memiliki visibilitas tinggi asalkan Anda tahu bagaimana menggunakannya.
Jika anda serius untuk menggunakan sosial media, maka menggunakan foto adalah teknik yang sangat menguntungkan untuk mempromosikan bisnis Anda.
Semoga bermanfaat!
Komentar
Posting Komentar