Maksimalkan Konversi Penjualan dengan Merancang Elemen Website Secara Benar

Mendesain atau membangun website memang lah “gampang-gampang susah”. Namun perencanaan dari gagasan yang matang merupakan hal utama kesuksesan untuk menyampaikan pesan website Anda.


Tahapan membuat sebuah web dimulai dari ide dan gagasan. Rencana yang kuat dapat membuahkan website Anda menjadi maksimal. Rumuskan terlebih dahulu maksud Anda sebelum membuat website.

Dengan mengetahui apa tujuannya dapat membantu kita menuju proses setelahnya, yakni pengerjaan rancangan, develop sistem, kemudian mengonlinekannya. Supaya semuanya lancar, pada step perancangan sebaiknya memperhatikan elemen-elemen utama sebuah website sebelum melangkah ke proses berikutnya.

Apa sih elemen-elemen tersebut?

Homepage

Ini adalah bagian terpenting bagi sebuah website, yang berfungsi untuk memberikan kesan awal di mata pengunjung. Tidak jarang orang meninggalkan sebuah website sesudah 10-20 detik.

Maka dari itu, pastikan kesan awal menarik di mata pengunjung. Pastikan pengunjung mendapatkan informasi dengan jelas terhadap product atau jasa yang Anda tawarkan dan membawa mereka untuk take action.

Tambahkan juga dalam website Anda feature yang interaktif, seperti instan chat atau sejenisnya.

Navigasi

Berapa banyak halaman yang dapat kita masukan ke website, pastikan semuanya relevan. Pakai kata-kata atau kalimat yang pendek dan jelas untuk link navigasi.

Jika Anda telah menentukan seperti apa navigasi yang serasi, pastikan navigasi di seluruh halaman sama, ini akan memudahkan pengunjung untuk mencari konten.

Selain itu lebih baik rencanakan konstruksi website dengan mempertimbangan factor SEO (Search Engine Optimization).

Layout

Setelah Anda menentukan halaman seperti apa yang ingin ditampilkan, saatnya Anda memikirkan sektor visualnya.

Persiapkan dahulu konten website, contohnya gambar, video, pdf, dsb. Yang perlu dipertimbangkan dalam membuat layout adalah bagaimana tiap-tiap halaman mesti mempunyai waktu loading yang cepat, gampang dibaca dan mempunyai ajakan yang jelas untuk bertindak atau clear call to action.

Baca juga :Model Bisnis CPA
Intinya, menjadikan pengunjung senyaman mungkin untuk meningkatkan konversi.

Aspek lain yang butuh diperhatikan yakni dalam pemilihan font style, warna, dan ukuran. Komponen tersebut sanggup memengaruhi pengunjung untuk melakukan tindakan ke arah pembelian.

Ingatlah bahwa, se-keren apapun gambar atau se-indah apapun warna yang ditampilkan, yang paling utama pastikan pengunjung merasa nyaman membaca dan mendalami pesan kita.

Desain yang “eye catchy” tidak berarti mesti penuh dengan warna. Terkadang, tema minimalist dan sederhana justru dapat mengundang perhatian banyak pengunjung.

Konten

Bagian ini adalah satu yang terpenting dari semua bagian website.

Setiap pengunjung pasti ingin tahu apa yang ditawarkan dari sebuah web. Pengunjung yang ingin membuka halaman demi halaman website kita, jangan sampai mereka kecewa dengan konten yang memiliki pesan tidak jelas.

Anda harus bisa memberi konten yang memberikan solusi bagi pengunjung serta dapat membuat pengunjung melakukan interaksi untuk lebih meningkatkan kepercayaan pengunjung lainnya.

Sosial Medial Link

Sosial medial link adalah pendukung yang juga sangat penting untuk pertumbuhan website Anda. Karena Anda bisa menjadikan sosial media menjadi fasilitas promosi, sosial media juga bisa menjadi acuan seberapa popular sebuah website.

Apakah web Anda telah perhitungkan hal–hal diatas?

Artikel Terkait

Komentar