Desain Tema Blog Seperti Apa yang Kamu Inginkan?

Desain tema blog untuk saya sih sukanya yang NYAMAN dibaca, ELEGAN, dan SIMPEL. Gak kebanyakan script biar loading blog gak berat. Sebisa mungkin prinsip itu saya terapkan di tema yang saya buat.


Header, selalu saya buat fungsional dan minimalis. Fungsional karena berisi navigasi yang tetap pada posisi saat halaman digulir. Minimalis karena saya membuat dimensi sekecil mungkin namun tetap nyaman dilihat biar gak terlalu banyak memakan ruang halaman.

Main wrapper, inilah alasan saya membuat header minimalis, supaya bagian main wrapper bisa maksimal ukuran tingginya. Dengan begitu bikin blog nyaman dibaca lho..

Bayangin jika main wrapper terlalu minim, pasti bikin pembaca bentar-bentar scrolling. Duuh.. gak nyaman banget kan?

Bisa aja sih header dibikin gede namun main wrapper gak terganggu. Jangan bikin header dengan posisi sticky! Tapi kelemahannya header gak kelihatan saat digulir ke bawah.

Sidebar wrapper, ini adalah bagian untuk meletakkan informasi tambahan di blog kita. Bisa juga untuk meletakkan banner iklan, biar blog ada masukan gitu.. hihihii.. 😁

Kalau kamu suka pakai 1 sidebar atau 2 sidebar?

Suka-suka aja mau bikin 1 atau 2, yang penting proporsional penggunaannya dan lagi-lagi jangan bikin pembaca terganggu!

Ok, silakan bagi temen-temen kalau mau berbagi saran atau masukan, bisa ditulis di komentar.

Artikel Terkait

Komentar