Jangan Habiskan Uang Anda untuk Beriklan! Jual Lebih Banyak dari Toko Sebelah dengan Cara Ini

Bagaimana bisa mendapatkan omset puluhan juta per bulan hanya dengan berjualan secara online? Strategi apa yang digunakan untuk menjual puluhan ribu item produk dalam waktu lebih cepat?


Ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pelaku bisnis online, apalagi mereka yang baru mulai menjalankannya.

Prinsipnya sederhana saja, bahkan hal ini umum dilakukan juga oleh mereka yang menjual produknya secara offline. Seperti apa strateginya? Ini dia!

Yang harus dilakukan adalah menciptakan faktor kali dalam bisnis Anda. Namun sebelum itu, Anda harus mampu menciptakan Nilai Tambah pada produk yang Anda jual.

Banyak hal yang bisa Anda gali sebagai pintu masuk dalam menciptakan nilai tambah pada produk. Caranya adalah dengan menjawab pertanyaan berikut.

1. Apa yang membuat produk Anda bisa menang dari kompetitor?

Dalam hal ini minimal ada 3 variabel yang bisa diperhitungkan, yaitu kualitas, harga, dan varian produk. Produk Anda harus menang setidaknya dari 2 hal. Bisa?

2. Apa yang membuat produk Anda beda dari yang lain?

Saya teringat dengan ungkapan yang diucapkan oleh Pandji Pragiwaksono, “Sedikit lebih beda lebih baik, dari pada sedikit lebih baik.” Karena ungkapan beliau lah saya mendapat perspektif baru ketika memilih produk untuk dijual.
“Sedikit lebih beda lebih baik, dari pada sedikit lebih baik.”
- Pandji Pragiwaksono -
Menemukan pembeda ini sangat penting, karena kalau tidak, Anda tidak memiliki apa-apa yang menjadi kesan pertama untuk memikat calon pembeli agar mau melirik produk Anda.

Harusnya dengan menjawab dua pertanyaan diatas, Anda sudah bisa menciptakan nilai tambah yang luar biasa untuk produk yang akan Anda jual. Namun, menjawabnya pun butuh waktu, energi, dan infrastruktur yang besar.

Mampukah?

Kemudian untuk menciptakan faktor kali. Ada bermacam-macam cara yang bisa ditempuh. Setidaknya ada 3 hal yang paling umum dilakukan dan seharusnya Anda pun melakukannya.

1. Menciptakan Sumber Traffic yang Besar dan Berkesinambungan

Traffic yang semakin besar adalah faktor kali Anda. Keahlian Anda untuk membawa traffic adalah Nilai Tambah Anda. Oleh karena itu, sejak awal, Anda harus tahu persis apa yang harus Anda prioritaskan jika ingin menghasilkan uang dari internet.

Bukan mempelajari grafis yang harus Anda prioritaskan. Bukan mempelajari html / script / php yang harus Anda prioritaskan. Bukan mempelajari cara membuat website yang harus Anda prioritaskan. Bukan juga mempelajari berbagai hal teknis yang harus Anda prioritaskan .

Jangan salah fokus dalam prioritas!

Menciptakan sumber traffic adalah hal terpenting yang harus Anda prioritaskan, bukan yang lain.

2. Meningkatkan Konversi Penjualan

Konversi yang makin tinggi adalah faktor kali Anda. Keahlian Anda menulis penawaran sehingga terjadi konversi adalah Nilai Tambah Anda.

Konversi adalah strategi untuk membuat orang mengambil tindakan, misalnya klik, isi nama & email, SMS, Telpon, atau membeli.

Oleh karena itu, Konversi ini sangat penting dalam bisnis dan harus Anda kuasai sebagai fondasi terpenting.

3. Membuat Paket Penjualan

Selalu ingat hal ini! Anda akan lebih cepat menjual banyak item ketika Anda menjualnya sekaligus dalam sebuah paket penjualan.

Memang margin yang didapat lebih kecil untuk setiap itemnya, namun profit yang didapat jauh lebih besar untuk setiap penjualan. Karena Anda bisa menjual banyak item untuk satu kali penjualan.

Itulah kenapa KFC banyak membuat paket penjualan untuk setiap makanan dan minuman yang mereka sajikan.

Belajarlah dari KFC!


Misalkan saja gambar paket Kombo Super Star diatas. Sekali penjualan saja KFC langsung bisa menjual 2 potong ayam, 2 porsi nasi, 2 gelas pepsi, 2 paket goceng, + CD musik.

Gimana.. pengen juga kan dalam sekali penjualan bisa sekaligus laku banyak item?

Buat program reseller atau keagenan untuk mendukung system paket penjualan Anda. Tawarkan offers yang sulit ditolak agar semakin banyak yang bergabung menjadi reseller Anda.

Dengan system seperti ini Anda tidak hanya akan menjual banyak item sekaligus, tapi juga akan meningkatkan repeat order. Karena mereka membeli dari Anda untuk dijual kembali.

Tapi jangan salah, untuk mengelola banyak reseller atau agen akan sangat menyita waktu Anda jika dilakukan secara manual. Solusinya Anda bisa membuat website membership sehingga setiap reseller dan agen bisa order melalui halaman khusus.

Dengan membuat website membership, tugas Anda tinggal memproses setiap orderan yang masuk ke website dan sudah tersortir otomatis mana reseller, mana agen, dan mana pembeli biasa.

Inilah yang dinamakan membuat bisnis autopilot.

Lebih hemat waktu bukan?

Makanya, action sekarang juga!

Artikel Terkait

Komentar